Cara Agar Tidak Muntah Dengan Mudah

Anda sering muntah? Bisa jadi Anda mengalami gejala penyakit tertentu atau terpapar zat tertentu. Nah coba deh dalam artikel ini kami akan membahas beberapa cara agar tidak muntah dengan mudah. Muntah terjadi saat isi dalam perut keluar melalui mulut. Biasanya muntah ini disertai dengan sensasi mual-mual dan sakit kepala.

 

  • Jangan Mengkonsumsi Makanan Padat

Saat muntah-muntah, jangan mengkonsumsi makanan padat seperti biskuit, roti kering, atau nasi selama kurang lebih 24 jam. Konsumsi dulu makanan cair yang mudah untuk dicerna.

 

  • Hindari Dehidrasi

Saat Anda mengalami muntah-muntah, jangan biarkan Anda mengalami dehidrasi. Mengapa? Karena saat muntah, Anda kehilangan banyak sekali cairan. Jadi pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup bahkan saat Anda mengalami mual. Hal ini sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh Anda. Jika Anda masih mengalami muntah, maka tunggu sekitar 30 menit, lalu isi lagi tubuh dengan cairan.

 

  • Lebih Banyak Memberi Asupan ASI

Jika yang muntah merupakan anak Anda yang masih bayi atau balita, pastikan bahwa anak Anda mendapatkan lebih banyak asupan ASI. Ya, bayi akan kehilangan banyak sekali energi saat muntah, sehingga dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya. Jadi penting sekali untuk memberikan ASI dalam jumlah yang lebih banyak pada bayi.

 

  • Lingkungan Mesti Higienis

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang muntah yaitu lingkungan yang tidak higienis. Bakteri dan virus bisa saja masuk kedalam tubuh, sehingga mengakibatkan masalah di pencernaan. Jadi untuk mencegah agar Anda tidak muntah, maka pastikan lingkungan selalu dalam kondisi higienis.

 

Nah itulah beberapa cara agar tidak muntah dengan mudah. Jangan pernah menyepelekan muntah, khususnya jika Anda tidak tahu penyebab terjadinya muntah. Jika muntah berlangsung beberapa kali dalam sehari dan Anda tidak tahu penyebabnya, maka Anda wajib pergi ke klinik atau rumah sakit. Pihak medis nantinya akan mendiagnosa penyebab terjadinya muntah. Selain itu pihak medis juga akan memberikan opsi pengobatan terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!