Yuk Cari Tahu Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional Dan Internasional

 

Futsal termasuk salah satu jenis olahraga yang banyak digandrungi mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Meski jumlah pemainnya tidak terlalu banyak layaknya sepak bola, namun keseruan dan ketegangan untuk pulang sebagai juara sudah bisa memuaskan hari baik pemain maupun penontonnya. Sayangnya tidak banyak yang mengetahui ukuran lapangan futsal yang sebenarnya. Berikut ulasannya.

Ukuran dari Lapangan Futsal

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang membedakan antara bentuk lapangan untuk bermain futsal maupun sepak bola. Namun jika diperhatikan seksama, Anda bisa menyadari ukuran kedua lapangan ini cukup berbeda. Meski terlihat lebih kecil, namun sudah dianggap ideal mengingat jumlah pemain lebih sedikit. Dimana panjang lapangan khusus futsal berskala Nasional berkisar 25 hingga 42 meter, sedangkan ukuran berskala Internasional sekitar 38 hingga 42 meter.

Sedangkan lebarnya berkisar 15 meter hingga 25 meter untuk ukuran Nasional, dan 18 meter hingga 25 meter untuk ukuran Internasional. Bukan itu saja, sebab perbedaan ukuran juga ditemukan pada jari jari lingkaran yang berada di tengah lapangan hanya memiliki ukuran 3 meter saja. Ukurannya yang berbeda, ternyata cukup berdampak pada tinggi gawang permainan. Dimana tinggi gawang futsal hanya sekitar 2 meter dengan tinggi 3 meter.

Perbedaan kembali ditemukan pada lebar garis batas antara garis melintang yang berada di tengah lapangan, dengan garis pada gawang di bagian ujung dan sisi gawangnya memiliki ukuran sekitar 8 cm. Dianggap tidak terlalu mencolok, sehingga jarang yang menyadari adanya perbedaan garis tersebut. Namun bagi para pemain maupun penggemarnya, pastinya mengetahui betul ukuran lapangan futsal baik dari skala  Nasional maupun Internasional.

Jenis Lapangan untuk Futsal

Umumnya permainan futsal akan dilakukan di wilayah indoor maupun outdoor dengan jenis lantai berbeda, dimana masing masing jenisnya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya jenis lapangan rumput sintetis, membuat mata tampak segar dan pemain bisa merasakan nuansa layaknya lapangan yang dipenuhi rerumputan hijau. Berbeda halnya dengan jenis lapangan vinyl yang dianggap ideal untuk bermain futsal, berkat permukaannya yang empuk nan halus.

Area Pergantian Pemain

Jumlah pemain futsal di lapangan memanglah berjumlah 5 orang saja dan sudah terhitung dengan sang kiper. Namun jangan lupa bahwa permainan ini umumnya memiliki pemain cadangan, yang kemungkinan besar lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pemain yang tengah bertarung sengit di tengah lapangan. Hal ini dikarenakan peraturan tentang pemain cadangan dalam futsal bersifat fleksibel, sehingga mereka harus bersiap menggantikan pemeran utamanya.

Sayangnya pergantian pemain tidak boleh dilakukan sembarangan, karena sudah diatur dalam ukuran lapangan futsal. Ketika hendak berganti pemain, anggota yang berada di lapangan harus keluar dari lapangan terlebih dahulu sebagai tanda bahwa dirinya akan digantikan oleh pemain cadangan. Saat sudah berada di luar lapangan, barulah pemain cadangan dipersilahkan masuk ke dalam medan perang.

Walaupun tampak sepele, namanya juga peraturan tentu ada sanksi bagi pemain yang melanggar aturan tersebut. Oleh karenanya, pastikan melakukan pergantian pemain di wilayah yang sudah disedikan. Wilayah tersebut berjarak sekitar 5 meter jika dihitung dari garis tengah lapangan, dengan lebar daerah pergantian sekitar 5 meter, lebar garis 8 cm,  dan panjang garis pembatas sekitar 80 cm (40 cm untuk area lapangan dan 40 cm untuk luar area lapangan).

Garis Lapangan Futsal

Garis Lapangan khusus futsal, adalah salah satu hal penting dalam menghitung ukuran lapangan futsal. Terdapat dua macam garis lapangan, yaitu garus pendek atau biasa disebut goal line (garis gawang) dan garis berukuran lebih panjang yang disebut touch line (garis samping). Jika Anda termasuk orang yang teliti, pastinya menyadari jika lapangan bak dibagi menjadi dua dengan luas yang sama untuk masing masing tim (garis tengah).

Setelah melihat adanya garis di tengah lapangan, kemungkinan besar Anda akan terpaku dengan sebuah titik tengah yang berada di tengah lapangan. Bukan tanpa maksud, ternyata garis berbentuk lingkaran tersebut difungsikan sebagai titik pusat tengah lapangan yang memiliki jari jari lingkaran berukuran 3 meter. Umumnya garis pembatas lapangan ini biasanya dibuat sekitar 8 cm.

Area Tendangan Sudut

Satu lagi area yang tidak boleh dilupakan dalam ukuran lapangan futsal adalah area tendangan sudut. Sesuai dengan nama yang diberikan, area ini berada di bagian sudut lapangan yang dibuat khusus bagi pemain menendang bola ke dalam lapangan. Area tendangan sudut berada di ujung lapangan dan berdekatan dengan kedua penjaga gawang, baik sebelah kanan maupun kiri. Sebagai penanda, area tersebut diberikan gambar lingkaran dengan jari jari sekitar 25 cm.

Titik Penalti Futsal

Titik penalti, merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membuat lapangan untuk futsal. Meski terkesan sepele, ternyata titik penalti ini sangat berpengaruh pada jalannya permainan dan hasil pertandingannya sendiri. Dalam menentukan titik penaltinya, ukuran garis gawang atau bisa disebut wilayah kiper adalah kuncinya. Jangkauan kiper sendiri berbentuk setengah lingkaran dengan jari jari sekitar 6 meter untuk setiap masing masing tim.

Mengetahui ukuran wilayah kiper inilah, akan lebih mudah mengetahui dimana letak titik penaltinya. Titik penalti pertama berada tepat di posisi tengah garis gawang dengan jangkauan jarak sekitar 6 meter, sedangkan titik penalti kedua berada di pertengahan garis gawang dengan jarak 10 meter. Ketika berada di wilayah tersebut, hendaknya pemain lebih berhati hati agar tidak melakukan pergerakan yang menyalahi aturan.

Daerah Bebas

Jika ada ukuran lapangan futsal khusus wilayah perbatasan, dalam peraturan permainan futsal juga ada pula yang disebut daerah bebas. Daerah bebas difungsikan sebagai tempat dimana wasit ketiga melihat dan memperhatikan jalannya pertandingan sembari mencatat waktu yang tersisa. Umumnya di wilayah ini akan disediakan meja khusus yang berjarak sekitar 2 meter jika diukur dari garis tepi lapangan, dengan ukuran masing masing mencapai 5 meter.

Gedung olahraga atau biasa disebut GOR, disebut sebagai tempat paling ideal untuk bermain futsal. Meski mengetahui tempat ideal untuk bermain futsal, nyatanya banyak yang tidak mengetahui berapa ukuran lapangan yang digunakan. Padahal mengetahui ukuran lapangan bermain futsal, termasuk informasi dasar yang harus diketahui baik bagi para pemain maupun para penggemar. Agar lebih paham, cobalah membaca ulang ulasan di atas dan untuk bikin jersey futsal bisa cari di garudaprint