6 Blog Traveling Indonesia yang Wajib Kamu Ikuti

Punya hobi jalan-jalan adalah hal yang menyenangkan, ditambah dengan kemampuan menulis dan minat menjadi blogger membuat para blogger Indonesia berikut ini menjadi terkenal. Tak dipungkiri, beragam cerita seru dan tips-tips yang mereka bagikan melalui laman blognya membuat para pembaca ketagihan menantikan konten mereka dan terpacu untuk melakukan traveling. Ini dia blog traveling Indonesia yang wajib kamu ikuti.

Table of Contents

Blogger Travel Paling Terkenal

pexels.com

Trinity – The Naked Traveler

Blog traveling satu ini terbilang yang paling populer di Indonesia, karena popularitasnya bukan hanya di kalangan blog atau platform internet saja, tetapi juga sudah menerbitkan buku yang beredar hingga sekarang, dan kisahnya sudah menginspirasi peluncuran film dengan judul serupa, yakni The Naked Traveler.

Mulanya, Trinity – penulis blog ini mulai menuangkan kisah setiap perjalanannya di blog pada tahun 2005 dan memutuskan nama ‘naked’ sebagai nama laman blognya, yang sebenarnya diplesetkan dari kata ‘nekad’ karena Trinity menganggap perjalanan-perjalanan yang ia bisa dibilang nekat dan ia menuliskannya secara gamblang dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Ia menuturkannya dengan bahasa yang ringan dan humoris.

Hingga saat ini, ia telah menerbitkan 13 buku yang terinspirasi dari perjalanannya ke 85 negara di seluruh dunia dan hampir seluruh provinsi di Indonesia. Trinity melakukan seluruh perjalanannya itu dengan gaya backpacker dan kisah yang paling mengesankan darinya adalah perjalanan mengunjungi 22 negara dalam satu tahun. Blogger satu ini lebih memilih untuk menghabiskan uang dengan melakukan perjalanan dibandingkan membeli hal lain.

Mohammad Takdis (Adis Takdos) – Whatever Backpacker

Travel blogger satu ini dikenal dengan kepiawaiannya mengolah konten yang menampilkan beragam keindahan Indonesia. Hal yang memikat dari blognya adalah ia mengemas kisahnya dalam bentuk humoris dan bahasa yang gaul sehingga lebih relatable dengan anak muda zaman sekarang.

Dalam blognya ini, pria yang lebih dikenal dengan sebutan Takdos atau Adis ini memberikan tips-tips traveling murah yang berdasarkan pengalamannya. Dengan tips-tips dari blog milik Adis ini, kamu bisa melakukan perjalanan keliling dunia yang hemat.

Whatever Backpacker membuktikan bahwa untuk bisa keliling dunia tidak harus mahal. Jika kamu  terinspirasi dengan kisah Adis dan ingin menjadi travel blogger juga, kamu bisa memulai platform mu sendiri dengan membaca tips mudah membuat blog terlebih dahulu.

Susan Natalia dan Adam Poskitt – Pergi Dulu

Blogger sekaligus pasangan ini bertemu ketika mereka sedang sama-sama traveling. Hobi yang sama membuat mereka memutuskan sering melakukan perjalanan bersama dan menuangkannya dalam blog mereka. Pasangan ini telah melakukan perjalanan ke lebih dari 22 negara di seluruh dunia.

Salah satu perjalanan mereka yang paling mengesankan adalah kisah mereka menyusuri Camino de Santiago de Compostela di Spanyol dengan berjalan kaki.

Pasangan traveler ini seringkali melakukan perjalanannya dengan tidak terburu-buru, agar mereka bisa menuntaskan perjalanan ke destinasi yang diinginkan. Bahasa yang digunakan dalam blog mereka juga tidak berbelit-belit sehingga mudah dipahami.

Ariev Rahman – Backpack Story

Ariev Rahman menginspirasi para pegawai kantoran untuk melakukan traveling seperti dirinya. Ia menuangkan kisah perjalanan ke berbagai dunia pada laman blog Backpack Story. Melalui blog ini Ariev juga membagikan tips-tips backpacking yang bisa kamu ikuti.

Karena kisah travelingnya yang menarik dalam blognya, Adis juga pernah meraih penghargaan Skyscanner untuk kategori Indonesia’s Best Travel Blog of the Year pada tahun 2014. Ariev Rahman seringkali melakukan perjalanannya secara solo, namun kamu juga bisa membaca kisah perjalanan yang ia lakukan dengan ibunya di tab section Mamacation.

Hingga saat ini Ariev sudah mengunjungi 41 negara di seluruh dunia.

Blog Perjalanan yang Punya Dokumentasi Mengagumkan

pexels.com

Rijal Fahmi – Catperku

Catperku adalah akronim dari Catatan Perjalananku. Keunikan blog milik Fahmi ini adalah cara tuturnya yang mengedepankan human interest atas tempat-tempat wisata yang dikunjungi. Fahmi juga sering menceritakan tempat-tempat wisata yang belum terkenal dan berbagai macam festival yang ia kunjungi.

Selain itu, foto-foto dan video yang ditampilkan untuk melengkapi cerita di blog Catperku sangat informatif dan berkesan estetik. Gaya tutur dan tampilan blog ini cukup simpel, memudahkan kamu untuk menavigasi blog milik Fahmi ini.

Awalnya, Fahmi tidak pernah tertarik menulis, hingga tahun 2011 ia merasa bahwa perjalanannya sayang untuk tidak dibagikan kepada banyak orang. Maka ia memilih blog sebagai sarana berbaginya.

Sutiknyo – Lost Packer

Terinspirasi dari kata-kata mutiara kakeknya, Sutiknyo memutuskan untuk melakukan perjalanan ke berbagai tempat dengan tujuan mencari pengalaman sebanyak mungkin. Tersesat tidaklah masalah menurutnya, karena kakeknya pernah berkata “jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu”.

Gaya tutur yang digunakan Sutiknyo pada blog Lost Packer ini berpusat pada human interest, tidak ada tips-tips untuk melakukan perjalanan dan soal akomodasi lainnya. Ketika membaca blog milik Sutiknyo ini, kamu seolah sedang membaca cerpen karena gaya tuturnya merangsang panca indera dan sangat imajinatif. Selain itu, Sutiknyo juga melengkapi blognya dengan dokumentasi berupa foto dan video yang menarik dan berkualitas tinggi (High Definition).