Sholat sunnah banyak macamnya karena dalam agama islam hampir segala sesuatunya dapat dikatakan sebagai ibadah termasuk shalat sunah.

Selain sholat sunah dhuha, sholat sunah rawatib, sholat sunah istikharah, sholat sunah hajat dan sholat sunah tahajud ada juga sholat sunah lainnya yang perlu kita ketahui.

Agar kita lebih kaya lagi ilmunya dan lebih banyak mengamalkan perintah Allah SWT sehingga kehidupan kita jauh lebih bermanfaat di dunia dan jiwa kita merasa aman, nyaman dan tentram serta di kehidupan di akhirat pun tak perlu khawatir pasti akan masuk surga. Untuk itu berikut beberapa macam sholat sunah yang wajib kita ketahui.

Sholat Sunnah Wudhu

Sholat sunnah wudhu adalah sholat sunah yang di kerjakan setelah kita melakukan wudhu dan akan melakukan sholat wajib, sholat sunah wudhu di kerjakan sebanyak dua rakaat dan di lakukan setelah wudhu pada sholat wajib yakni sholat subuh, dhuhur, ashar, magrib dan isya.

Untuk bacaan niatnya sendiri pun sholat sunah wudhu hampir sama dengan sholat sunah yang lainnya. berikut bacaan niat sholat sunnah wudhu :

“ushalli sunnatal wudlu’i rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala

Setelah melakukan sholat sunah wudhu anda pun bisa melaksanakan sholat sunnah rawatib yaitu sholat sunah yang di kerjakan sebelum sholat wajib, jika waktunya memungkinkan belum iqomah maka ada baiknya untuk melakukan sholat sunnah rawatib terlebih dahulu namun jika waktunya sudah mepet maka tidak mengerjakan shalat sunnah rawatib pun tidak apa-apa.

unsplash.com

Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat tahiyatul masjid adalah sholat yang di lakukan dengan tujuan untuk menghormati masjid yang kita datangi atau masjid yang kita gunakan untuk sholat sebagai rumah ibadah atau rumah Allah SWT. Sholat ini bisa di lakukan kapanpun selama yang mengerjakan sholat ada di masjid dan lebih baik lagi jika di lakukan ketika sebelum melaksanakan sholat wajib.

Namun sholat sunnah tahiyatul masjid juga di kecualikan untuk imam masjid yang akan melaksanakan sholat wajib, khotib masjid yang akan sholat atau berkhutbah pada hari jum’at, dan untuk pengurus masjid tersebut (menurut ibnu hajar dalam subulus salam; 1/30)

Sholat sunah tahiyatul masjid dilakukan sebanyak dua rakaat layaknya sholat sunah lainnya pada umumnya, hanya saja niat bacaannya yang berbeda. Untuk bacaan niat sholat sunnah tahiyatul masjid adalah sebagai berikut :

“ushalli sunnatal tahhiyatal masjidi rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya : saya berniat melakukan sholat sunah tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala

Shalat tahiyatul masjid juga memiliki banyak pahala jika kita melakukannya karena kita telah menghormati masjid yang mana masjid merupakan rumah tempat ibadah dan merupakan rumah Allah.

unsplash.com

Shalat Gerhana

Seperti namanya, sholat gerhana adalah sholat yang di lakukan ketika terjadi gerhana sebuah gerhana matahari ataupun saat terjadi gerhana bulan di tempat tinggal kita. Sholat gerhana bisa di katakana sholat yang sangat jarang di lakukan karena tidak setiap tahun terjadi gerhana, namun tidak ada salahnya kita mengetahui dan memperlajari sholat gerhana agar sewaktu-waktu ketika terjadi gerhana kita tinggal melaksanakan sholat gerhana tersebut. untuk niat sholat gerhana bulan dan gerhana matahari adalah sebagai berikut :

Untuk gerhana bulan:

“Ushalli sunnatal khusufil- Qomari rak’ataini lillahita’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunah gerhana bulan dua rakaat karena Allah ta’ala

Untuk gerhana maahari :

“ushalli sunnatal khusufil- Syamsi rak’ataini lillahuta’ala”

Artinya : saya berniat sholat sunnah gerhana matahari dua rakaat karena Allah ta’ala

Sholat gerhana dilakukan ketika gerhana sedang terjadi, yakni ketika matahari mulai tertutup oleh bulan maupun bumi sehingga keadaan berubah menjadi gelap seketika maka di anjurkan pada saat tersebut untuk melakukan sholat gerhana.

unsplash.com

Sholat tasbih

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang di anjurkan oleh rasululloh SAW, meskipun tidak mengikat atau tidak di tekankan namun sholat sunah tasbih setidaknya bisa anda lakukan jika sangup sehari sekali, seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali atau bahkan seumur hidup sekali.

Mengapa di sebut sebagai sholat tasbih karena sholat tasbih ini terdapat sebanyak 4 rakaat dan memiliki bacaan 300 kali tasbih. Adapun niat untuk mengerjakan sholat sunah tasbih adalah sebagai berikut :

“ushalli sunntal tasbihi rak’ataini lilahita’ala”

Artiya : saya berniat sholat sunah tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala

Sholat sunnah tasbih ini alangkah baiknya untuk di kerjakan setidaknya sekali dalam seumur hidup karena dapat kita gunakan untuk menambah-nambah pahala nanti ketika kita di akhirat.

Shalat sunnah Dhuha

Sholat sunah dhuha adalah sholat sunnah yang bisa dikerjakan setiap hari, dan dikerjakan setelah selesai sholat subuh. Sholat sunah dhuha dapat dilakukan dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Shalat sunnah ini memiliki banyak manfaat untuk kita sebagai seorang muslim seperti dimudahkan segala urasannya, mendapatkan rizki dengan mudah, dilapangkan dadanya dan masih banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kita lakukan setiap harinya.

Sehingga ketika melaksanakan shalat sunnah dhuha kita juga membaca Doa sholat dhuha sesuai dengan sunah yang diajarkan.

 

Leave a Comment