Yuk Kenali 4 Jenis Bibit Alpukat Unggul Disini!

Alpukat merupakan salah satu buah yang  sangat populer di Indonesia, dan mudah ditemukan dimana saja. Buah yang memiliki nama latin Persea Americana ini, dijuluki sebagai buah yang paling sehat karena mengandung 25 nutrisi penting. Buah alpukat yang sering digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan dan minuman ini, memiliki berbagai jenis bibit alpukat yang akan menghasilkan bentuk dan rasa yang berbeda beda.

Jenis Bibit Buah Alpukat Yang Unggul dan Berkualitas

1. Alpukat Kendil

Bentuk buah alpukat dari jenis bibit unggulan ini memang mirip kendhil, dan berukuran sedikit lebih besar dari jenis lainnya. Bibit buah alpukat kendhil ini memiliki rasa yang lezat, dengan daging yang super tebal karena berat buahnya mencapai 1,3 kg. Warna buah alpukat jenis ini lebih gelap dari alpukat lainnya, dan permukaan kulitnya sedikit lebih kasar.

2. Alpukat Greenstar

Jenis alpukat greenstar ini banyak ditemukan tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Umumnya sebuah alpukat greenstar memiliki ukuran berat sekitar 600 gram hingga 800 gram. Bibit buah alpukat jenis ini membutuhkan waktu cukup lama hingga buahnya bisa dipanen, yaitu sekitar 2 hingga 3 tahun setelah penanaman bibit. Meski berukuran berat sedang, daging buat alpukat jenis greenstar ini terbilang cukup tebal.

3. Alpukat Wina

Buah alpukat jenis ini juga menjadi primadona, karena ukuran buahnya yang mencapai 1,8 kilogram. Ciri ciri tanaman alpukat wina ini adalah daunnya yang tumbuh memanjang sekitar 12 cm hingga 25 cm, dan bunganya berwarna hijau kekuningan. Budidaya buah alpukat jenis wina bisa dilakukan di area dengan ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Tanaman alpukat ini akan berbuah ketika usianya mencapai 6 hingga 7 bulan.

4. Alpukat Mentega

Bibit alpukat unggulan berikutnya yang juga populer di Indonesia, adalah jenis alpukat mentega. Alpukat jenis ini juga memiliki ketebalan buah yang mencapai 2 cm, teksturnya kenyal, dan warna buahnya yang kuning bersih serupa mentega. Dengan bobot rata rata sekitar 600 gram per buah, alpukat jenis ini memiliki kadar protein 1.37% dan kadar lemak 7.58%.

Selain keempat bibit unggulan tersebut, masih ada beberapa jenis bibit buah alpukat lainnya yang banyak dijumpai di Indonesia. Jika anda ingin membudidayakan buah alpukat, pilihlah bibit unggulan yang berkualitas baik agar menghasilkan alpukat yang dagingnya tebal dan rasanya nikmat. Perhatikan juga proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman, agar alpukat bisa tumbuh optimal hingga siap dipanen.

Leave a Comment