Cara Merebus Telur Asin Agar Enak

Telur asin sudah banyak digemari oleh masyarakat. Telur asin ini bisa dimakan sebagai lauk, bisa juga dimakan tanpa nasi. Itu semua tergantung oleh orang yang mengonsumsi, mereka memiliki cara yang tersendiri untuk menikmati telur asin ini. Anda mungkin akan heran bagaiman telur bisa memiliki rasa yang asin.

Bagi orang awam seperti anak yang baru besar pasti akan terheran-heran telur apakah yang digunakan dan bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara merebus telur asin.

Dengan adanya artikel ini sehingga Anda bisa membuat telur asin sendiri tanpa membeli di warung atau di pasar. Membuat sendiri di rumah jauh lebih simple dan jauh lebih hemat dibandingkan membeli telur asin yang siap saji.

Telur asin yang dibuat sendiri juga akan lebih higienis dibandingkan membeli di pasar yang mungkin sudah disentuh oleh banyak orang. Agar lebih terjamin kebersihannya maka Anda membuatnya sendiri di rumah.

Cara Merebus Telur Asin Agar Enak

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Baskom atau ember atau wadah yang besar lainnya
  2. Toples
  3. Alat amplas
  4. Lap
  5. Spatula (opsional)

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 4 buah batu bata kemudian hancurkan sampai halus
  2. Telur bebek 12 butir
  3. 1 ½ liter air bersih
  4. Garam 500 g

Cara pembuatan telur asin :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu rendam telur bebek dalam waktu 2 menit, setelah itu seleksi mana telur yang bagus dan mana yang tidak bagus. Dengan cara dilihat jika telur bebek mengambang berarti telur tersebut tidak bagus.
  2. Kemudian bersihkan telur bebek dengan air sampai bersih atau bisa juga dengan mengamplas telur agar garam mudah meresap ke dalam telur. Setelah itu keringkan telur bebek tersebut dengan lap.
  3. Campurkan bata dengan air sampai merata. Dan tambahkan garam ke dalam adonan bata tersebut.
  4. Lapisi telur bebek dengan tanah kemudian lapisi lagi dengan menggunakan batu bata yang sudah dicampur dengan air dan garam tadi.
  5. Masukkan ke dalam wadah yang besar satu per satu dan jangan sampai pecah.
  6. Diamkan dalam waktu kurang lebih 2 minggu.
  7. Jika sudah 2 minggu kemudian rebus telur tersebut dan jangan sampai mendidih agar tidak rusak.
  8. Telur asin sudah dapat disantap.

Leave a Comment