Program Internasional Hubungan Internasional di UGM

 

Negeri Gadjah Mada atau akrab disebut UGM termasuk sebagai salah satu universitas bonafit di Indonesia. Selain karena lulusannya yang selalu menjadi buruan beberapa perusahaan kelas atas, fasilitas yang lengkap untuk mendukung suasana perkuliahan.

Jalur masuk UGM terdiri dari 2 jalur, yaitu jalur regular dan internasional. Jalur regular merupakan jalur yang diadakan sebagaimana jalur masuk perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Sementara itu jalur internasional atau IUP (Internasional Under Graduate Program) dilaksanakan lebih dahulu dari pada pelaksanaan tes reguler dan dilakukan dengan 3 gelombang.

Fisipol merupakan sebagai salah satu fakultas yang menerima mahasiswa jalur ini. Fakultas ini memiliki program studi andalan yang juga membuka jalur penerimaan mahasiswa internasional yaitu HI atau Hubungan Internasional. Proses pendaftaran ini dilakukan sebelum jalur regular dibuka, bersamaan dengan program studi lainnya.

HI yang merupakan salah satu program studi incaran bagi orang-orang yang ingin berkarir di dunia internasional, tentu menjadikan program ini jadi rebutan peminatnya. Selain prospek karir kedepannya yang menggiurkan, lulusan HI apalagi UGM tetap memiliki prestise yang tinggi di masyarakat.

Sama seperti tes yang dilakukan untuk jalur internasional lainnya yang diselenggarakan UGM, IUP HI UGM juga melaksanakan tes yang tidak hanya sekadar mengutamakan akademis dalam menjawab soal saja. Tes tersebut terdiri dari 4 jenis tes, yaitu tes potensial akademik, tes kemampuan berbahasa Inggris, Leadership Grup Discusstion, dan Wawancara.

pxhere.com

Tes potensial akademik

Tes potensial akademik atau Gadjah Mada Scholastic Test (GMST) ialah tes khususyang diberikan dengan materi yang buat oleh pihak kampus. Meski sekilas akan nampak sama dengan tes potensi akademik lainnya, tetapi tingkat kesulitan soal dan materi yang lebih luas serta penggunaan Bahasa Inggris akan membuat standar tes ini jelas jauh berbeda dari tes potensi akademik lainnya.

Tes Bahasa Inggris

Tes kemampuan berbahasa Inggris yang diujikan ialah TOEFL dan IELTS. Tes ini bertujuan untuk mengecek kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa. Selain karena program ini merupakan program internasional yang didominasi dengan penggunaan Bahasa Inggris, program ini juga mengarahkan lulusannya untuk berkarir di kancah internasional.

Leadership Grup Discussion

Leadership Grup Discussion merupakan salah satu tes yang digunakan untuk melihat potensi jiwa kepemimpinan calon mahasiswa. Sebagai pencetak lulusan yang berkarir di dunia internasional, hal ini penting untuk menjadikan lulusan lebih bijaksana dan berjiwa kepemimpinan.

pxhere.com

Tes Wawancara

Tes wawancara juga dilakukan untuk lebih meyakinkan lagi kemampuan calon mahasiswa dalam berbicara dan menjawab dengan cepat dan tepat. Selain itu, tes wawancara ini juga akan menyortir calon mahasiswa lewat niat dan kesungguhan yang dilengkapi dengan kemampuan akademis secara tepat.

Rangkaian tes ini dirasa tepat karena diperuntukan pada program studi internasional. Selain itu tes-tes ini juga sesuai dengan spesifikasi kemampuan yang wajib dimiliki sebagai mahasiswa program studi HI atau Hubungan Internasional. Program HI yang akan sangat dekat dengan dunia internasional, sikap cepat tanggap dan otak cemerlang jelas berkaitan dengan tes tersebut.

Rangkain tes ini dilakukan dalam 3 gelombang untuk menyeleksi calon mahasiswa yang berkualitas. Pelaksanaannya dilakukan sebelum masa kelulusan atau ujian masuk regular. Hal ini membuat calon mahasiswa masih berkesempatan untuk mendaftar ujian regular juga sebagai cadangan.

Sebagai program yang tergolong spesial, IUP HI UGM memerlukan persiapan yang mantap untuk berhasil menembusnya. Persiapan ini bisa didasarkan pada banyaknya ragam tes dan materi yang diujikan,serta tingkat kesulitan soal yang pastinya akan setara dengan soal internasional. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang.

Meski teknologi sekarang membuat orang lebih mudah dalam mengakses informasi dan memperoleh beragam soal untuk acuan IUP ini. Namun agar lebih meyakinkan diri untuk berhasil lolos, tetap diperlukan mengikuti bantuan orang yang ahli. Untuk itu ada baiknya dimulai dengan mengikuti bimbel.

pxhere.com

Hal penting lainnya ialah Anda tidak bisa mengikuti sembarangan bimbel. Anda perlu mengikuti bimbel khusus atau program bimbel yang memang ditujukan ke IUP. Kini memang tak jarang muncul bimbel-bembel khusus seperti bimbel IUP HI UGM. Bimbel ini muncul sesuai dengan kebutuhan akan keinginan untuk masuk dalam program internasional HI UGM.

Dengan adanya bimbel yang dikhususkan ini, materi yang perlu Anda pelajari tidak akan melenceng jauh dari soal. Hal ini akan berguna untuk Anda karena waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia untuk mengobrak-abrik beragam materi yang teramat luas dan banyak.

bimbel IUP HI UGM khusus ini tak hanya untuk mendukung Anda untuk lolos dari ujian masuk program internasional HI UGM, tetapi juga membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris dan lainnya. Hal ini dikarenakan untuk mengikuti program ini benar-benar diperlukan kemampuan akademis dan berbahasa Inggris yang baik.

 

Leave a Comment