Mencegah Muncul Jamur Di Bak Air Dengan Ampuh

Beberapa dari anda mungkin akan sering menemukan beberapa kotoran yang menempel pada bak kamar mandi. Kotoran itu kemungkinan besar adalah sebuah jamur atau bakteri. Biasanya jamur selalu berkembang biak didaerah yang memiliki tingkat kelembapan tinggi seperti kamar mandi yang mempunyai bak air. Itu dikarenakan kamar mandi yang memiliki bak air akan ada genangan air yang selalu ada dan kelembapan didaerah tersebut akan selalu tinggi, itulah mengapa jamur senang berada bak air di kamar mandi.

 

Beberapa diantara kotoran yang menempel di bak air kamar mandi mungkin adalah jamur atau mungkin bakteri. Bakteri yang mungkin kita temukan di daerah kamar mandi kita adalah bakteri yang menyerupai jamur yang menempel di dinding kamar mandi, seperti bakteri pink mold, dimana bakteri ini berkumpul menjadi satu dan bentuknya seperti bintik berwarna pink yang menempel di dinding kamar mandi. Ini merupakan sebuah bakteri yang biasanya ada karena adanya sisa buangan dari sabun atau sampo yang kita gunakan pada saat mandi, bahaya yang bisa ditimbulkan dari bakteri ini adalah infeksi saluran pernafasan apabila bakteri ini berhasil masuk kedalam paru-paru kita.

Penyebab Jamur di Bak Air

Untuk melakukan pencegahan terhadap jamur yang bisa tumbuh di dalam bak iar kamar mandi kita kita harus tahu terlebih dahulu penyebab dari kenapa jamur tersebut berada bisa berada di bak air kamar mandi kita. Beberapa penyebab jamur bisa tumbuh di bak air kamar mandi antara lain.

pixabay.com

Kurangnya sirkulasi udara

Alangkah baiknya jika kamar mandi yang mempunya bak air di sediakan fentilasi udara, ini sangat berguna untuk sirkulasi udara yang masuk dan keluar. Apabila fentilasi di kamar mandi kurang baik maka jamur akan tumbuh dengan baik di kamar mandi.

Kurangnya sinar matahari

Biaakan apabila kita membuat kamar mandi atap atau genteng kita di beri genteng jernih agar cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam kamar mandi. Karena jika tidak ada sinar matahari yang masuk maka jamur mudah tumbuh di dalam kamar mandi atau bak air yang gelap.

Kurang bisa menjaga kelembapan di daerah kamar mandi

Bila kita menggunakan bak air didalam kamar mandi kita, kita bisa menggunakan exhaust fan untuk menjaga agar kelembapan di kamar mandi tidak terlalu tinggi, dan juga biasakan bak kamar air yang ada di kamarmandi di tutup, ini untuk menghindari jamur tumbuh di dalam bak air, dan juga menjaga kelambapan di kamar mandi.

Kurangnya menjaga kebersihan kamar mandi atau bak air

Jika kita tidak sering membersihkan daerak kamar mandi atau bai air maka besar kemungkinananya spora dari jamur akan dengan mudah menempel di dinding kamar mandi atau dinding bak air kita. Melakukan kebersihan kamar mandi menjadi point yang krusial agar jamur tidak datang lagi.

pixabay.com

Cara Mencegah Jamur di Bak Air

Dengan kita sudah mengetahui penyebab dari kenapa jamur bisa muncul di bak air kita, kita bisa dengan mudah mencegah agar jamur tidak bisa lagi datang dan berkembang biak di sana. Cara agar bisa mencegah jamur datang dan menempel di bak air kamar mandi kita antara lain.

Memperbaiki sirkulasi udara

Dengan memberbesar atau memperbanyak sirkulasi udara, bisa membuat jamur tidak akan mudah untuk berkembang biak, karena kelembapan yang kurang maka jamur tidak bisa tumbuh di daerah bak air ataupun kamar mandi kita

Penggunaan genteng kaca

Dengan kita menggunakan genteng kaca maka sinar matahari bisa dengan mudah masuk kedalam kamar mandi dan menyinari seluruh ruangan kamar mandi termasuk bak air kita, dengan begitu jamur tidak bisa berkembang biak.

Bersihkan kamar mandi dan bak air secara rutin

Bila kita dengan rutin membersihkan dinding kamar mandi dan bak air maka jamur pun akan sangat sulit untuk berkembang. Membersihkan kamar mandi ini bisa dengan cara menggosok dinding kamar mandi atau bak air yang ada di kamar mandi.

pixabay.com

Jaga kelembapan dengan menutup bak air

Kita bisa menjaga kelembapan kamar mandi dengan jalan menutup bak air yang ada di kamar mandi kita, dengan begitu genangan air yang ada di bak air kita bisa dikurangai kelembapannya, dan jamur tidak akan bisa berkembang.

Menguras bak air

Bila kita ingin membersihkan bak air kamar mandi, kita bisa melakukan pengurasan air secara rutin agar jamur yang sudah menempel bisa mati dan mudah untuk kita membersihkannya.

Segera perbaiki jika terjadi kebocoran

Kebocoran pada bak mandi biasanya tidak terlalu kelihatan, karena kebocoran yang terjadi akibat resapan air yang masuk kedalam dinding bak air atau kamar mandi, namun kita bisa melihatnya bila air dalam bak cepat berkurang namun tidak digunakan itu tandanya ada kebocoran pada bak air kita, segera tutup kebocoran tersebut agar kelembapan air yang terjadi akibat kebocoran tadi tidak mengundang datangnya jamur.

 

Itulah beberapa cara agar kita bisa menjaga bak air kita yang berada di kamar mandi tetap bersih dari jamur yang menempel.

Leave a Comment