Sehat Bergizi, Yuk Simak Fakta Ikan Tuna Yang Harus Kamu Tau

Kekayaan laut di Indonesia, mampu menghasilkan berbagai biota laut yang kaya akan manfaat. Ikan merupakan sajian kuliner yang banyak diusung karena menjadi sumber protein baik bagi tubuh. Ikan tuna, merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi ini, ternyata memiliki fakta yang menarik. Ingin tau seperti apa faktanya ? yuk simak disini.

Beberapa Fakta Menarik Seputar Ikan Kaya Nutrisi

  1. Populasinya Yang Melimpah

Menurut data yang ada, pada tahun 2016 lalu Indonesia mampu memasok tuna mencapai 16% dari total produksi  di dunia. diketahui lautan Indonesia menghasilkan beberapa jenis ikan mencapai 1,2 ton per tahunnya. Angka ini sungguh fantastis, mengingat tanah air termasuk dominan daerah perairannya. Menurut data Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Indonesia menjajaki urutan ke 2 untuk nilai ekspor Tuna pada September 2018 lalu.

  1. Miliki Harga Terjangkau

Dikenal miliki nutrisi melimpah nan menyehatkan, ikan tuna tetap dijual dengan harga yang cukup terjangkau di pasaran. Hal ini menjadikan masyarakat senang mengkonsumsi ikan satu ini. sudah harganya murah, manfaat dari mengkonsumsi dagingnya pun baik bagi tubuh. Terdapat kandungan vitamin A, D, B12, B6, serta kaya akan mineral. Namun salah satu nutrisi yang paling banyak dicari dari ikan ini alah kandungan omega 3 nya yang tinggi.

  1. Miliki Banyak Peminat

Melihat adanya potensi manfaat bagi tubuh, menjadikan tuna layak dijadikan lahan bisnis perikanan menguntungkan dan menjanjikan. Sebab, tingginya permintaan membuat nelayan kewalahan untuk mencari ikan satu ini. bahkan tidak jarang pula, terlalu banyaknya permintaan cenderung overcapasity. Belum lagi banyaknya perusahaan yang menanfaatkan omega 3 nya untuk dijadikan produk kesehatan.

  1. Mampu Memenuhi Gizi Masyarakat

Selain rasa dagingnya yang lezat dan dapat diolah menjadi beberapa hidangan kuliner jempolan, tuna kaya akan vitamin dan protein. Bahkan diketahui bahwa omega 3 yang ada pada tubuh ikan ini lebih tinggi daripada daging sapi ataupun daging ayam. Tingginya manfaat yang diterima, membuat tuna sebagai alternatif terbaik untuk memenuhi gizi harian masyarakat Indonesia. Tidak terlalu menguras kantong, anda sudah bisa menikmati kelezatan sekaligus manfaatnya.

  1. Adanya Komitmen Pengolahan Tuna Nasional

Kementrian Kelautan dan Perikanan RI ingin mengolah tuna agar sesuai dengan prosedur. Hal ini perlu dilakukan, karena permintaan yang tinggi ditakutkan akan mengganggu habitat tuna itu sendiri. Bahkan diketahui, pemerintah telah membuat domumen mengenai kerangka strategis untuk memanfaatkan daging tuna. Diharapkan nantinya masyarakat mampu mengolah ikan tuna, serta mampu mengagkat perekonomian nasional.

Sejak dahulu, Indonesia memang dikenal mampu menghasilkan sumber daya alam yang sangat melimpah. Sangking melimpahnya, tanah air membuat iri para negara tetangga. Apabila semua sumber daya alam bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu saja Indonesia akan semakin maju di bidang ekonomi dan sumber daya  manusianya. Dengan mengkonsumsi tuna, kebutuhan akan vitamin dan protein masyarakat akan terpenuhi.

Leave a Comment