Mengulik Bisnis Waralaba Fried Chicken untuk Pemula

Sebagai seorang pebisnis, tentu memikirkan bagaimana caranya untuk memulai usaha. Selain modal, hal yang dibutuhkan adalah sebuah pengetahuan dalam berwirausaha. Apabila seorang pengusaha tidak memiliki pengetahuin tentang bagaimana cara memulai sebuah usaha, maka alternatifnya adalah dengan memulai bisnis waralaba. Usaha yang cukup diminati adalah waralaba fried chicken, yuk ketahui lebih dalam mengenai bisnis fried chicken untuk pemula berikut.

Perkembangan Usaha Waralaba untuk Fried Chicken

Waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja, antara franchisor atau pemilik waralaba dengan penerimanya (franchisee). Bisnis secara waralaba umumnya dilakukan dengan pertukaran uang, dan perjanjian untuk menjalankan bisnis dalam jangka waktu tertentu. Artinya pemilik waralaba akan memberikan produk jualannya kepada franchisee, sesuai dengan ketentuan franchisor.

Dalam usaha fried chicken atau ayam goreng, usaha ini sudah cukup terkenal dan menjadi pilihan oleh para franchisee. Hal ini karena fried chicken menjadi sebuah hidangan, yang cukup digemari oleh masyarakat. Lihat saja ada berapa banyak gerai dan restoran yang menawarkan produk ini, tentu ada banyak bukan ?

Bisnis ayam goreng dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu untuk fast food dan ayam goreng tradisional. Perbedaan dari keduanya pun terletak pada bumbu yang digunakan, umumnya  ayam goreng fast food akan menggunakan tepung yang cukup tebal dan cita rasa yang menggugah selera. Hal ini lah yang membuat banyak penggemarnya, begitu pula untuk bisnis waralaba fried chicken.

isorepublic.com

Potensi yang Tinggi, Mengundang Pengusaha Memulai Usaha Waralaba

Bisnis makanan memang sebuah bisnis yang tidak akan pernah mati, begitu pula dengan usaha fried chicken. Target pasar dari hidangan ini pun cukup luas, mulai dari anak sekolah hingga dewasa. Melihat potensi yang dimiliki oleh bisnis fried chicken, tak heran banyak pelaku usaha yang ingin memulai bisnis ini.

Ada banyak waralaba ayam goreng di Indonesia, baik itu usaha nasional maupun internasional. Meskipun memiliki begitu banyak pesaing, namun setiap pengusaha tidak gentar untuk memulai usaha yang sama. Hal ini karena memang minat untuk hidangan ini pun cukup tinggi, sehingga hampir seluruhnya tetap mendapatkan keuntungan.

Beberapa gerai yang mulai bermunculan tetap menonjolkan satu, dua hal agar tetap bersaing dengan pelaku bisnis fried chicken lainnya. Ada yang mengutamakan rasa, ada pula franchisee yang mengutamakan kesehatan. Dalam waralaba  usaha fried chicken yang mengutamakan kesehatan, maka mereka meyakinkan konsumen bahwa minyak yang digunakan serta pemotongannya telah berkualitas.

Cara penjualannya pun memiliki caranya masing-masing, beberapa waralaba fried chicken menjual melalui sebuah booth namun ada pula yang menjualnya dengan membuat restoran atau tempat makan. Cara penjualan ini tentu difaktori oleh target pasar yang dipilih, entah itu untuk keluarga atau untuk remaja.

Sebelum Memulai Usaha Waralaba, Perhatikan kemampuan Finansial

Bagi seorang pemula, sudah pasti ingin membuka sebuah peluang usaha yang cukup menguntungkan. Oleh karena itu kebanyakan dari mereka memilih usaha franchise, karena lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan memulai bisnis sendiri. Dalam membangun bisnis waralaba, yang dibutuhkan hanyalah sebuah modal.

Modal ini untuk membeli produk yang dibutuhkan dalam usaha anda seperti bahan dasar, atau mesin keperluan lainnya. Selain itu, seorang pelaku usaha franchise juga perlu mempersiapkan sebuah lokasi tempat berjualan. Tempat berjualan tersebut bisa jadi anda membeli sebuah tempat, atau menyewa yang nantinya akan dilakukan dekorasi.

Dari banyaknya kebutuhan yang harus dibayar dalam usaha waralaba fried chicken, maka anda perlu mempertimbangkan pemilihan bisnis sesuai dengan kemampuan finansial anda. Selain itu, anda pun pelu memikirkan pembiayaan yang akan ditempuh ketika usaha franchise telah berjalan. Hindari memaksakan diri, meskipun memiliki potensi yang cukup tinggi namun apabila anda memaksakan diri untuk membayar seluruh kebutuhan justru memberatkan langkah awal berbisnis anda.

isorepublic.com

Tentukan Segmen Pasar Sebelum Memulai Waralaba

Sebelum memulai usaha, sudah pasti anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Target pasar ini nantinya menjadi sasaran atau orang yang akan menjadi pelanggan, anda bisa menentukan secara spesifik mulai dari umur hingga kalangan masyarakat yang ingin anda targetkan.

Dengan menentukan target pasar tersebut, maka anda pun dapat dengan mudah memilih harga serta mengontrol keuntungan pada usaha waralaba fried chicken anda. Contohnya ketika anda ingin menargetkan masyarakat kalangan menengah kebawah, maka hindari memberikan harga RP 40 ribu keatas. Dengan harga tersebut, sudah pasti potensi keuntungan tidak dapat terpenuhi.

Sangat penting bagi bisnis franchise untuk menyesuaikan harga dengan segmentasi pasar, hal ini untuk mengatur keuntungan yang kana didapat pada usaha franchise ayam goreng atau fried chicken anda. Selain harga, umumnya lokasi pun menjadi faktor yang menentukan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Apabila anda menargetkan target pasar keluarga, maka pilihlah lokasi yang sering dikunjungi oleh keluarga. Apabila anda menargetkan masyarakat muda, maka anda dapat membuka gerai di beberapa tempat yang sering dilewati oleh  kalangan muda. Anda dapat membuka gerai dekat dengan kampus, atau tempat yang dekat dengan kos-kostan.

isorepublic.com

Perhatikan Sistem yang Diberlakukan oleh Franchisor

Saat anda membeli waralaba, artinya anda sedang membeli sebuah sistem. Hal ini karena ketika anda melakukan usaha franchise, maka anda akan mengikuti sistem yang telah ada. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui sistem yang dikerjakan oleh franchisee. Dengan sistem yang baik, sudah pasti akan memperlancar usaha yang sedang anda jalankan.

Membeli waralaba fried chicken yang tergolong baru pun, sebuah presepsi yang salah. Hal ini karena usaha franchise yang masih baru tentu jam terbangnya pun tidak lama, oleh karena itu usahakan untuk mempercayakan sistem kepada usaha waralaba yang memiliki jam terbang cukup lama. Hindari gegabah dalam memilih usaha franchise, hanya karena potensi keuntungan yang tinggi. Pilihlah sistem, yang menurut anda cukup cepat bagi anda untuk beradaptasi.

Saat ini pengusaha lebih memilih usaha franchise, karena dinilai lebih murah dan mudah. Hal ini karena dalam konsep waralaba, anda melakukan usaha sesuai dengan sistem management yang telah dibuat oleh franchisor. Salah satu usaha waralaba yang memiliki potensi cukup besar adalah usaha ayam goreng atau fried chicken, namun dalam memulainya pun anda wajib mengetahui beberapa hal penting untuk meraih keuntungan yang tinggi.

Leave a Comment