Berbagai Hal Mengenai Statistik Deskriptif Yang Perlu Diketahui

 

sudah membahas mengenai metode penyajian data tentu cukuplah banyak, namun walaupun begitu tentu saja tetap harus dipahami dan di mengerti. Apa lagi seorang mahasiswa yang sedang bersiap-siap menyusun skripsi. Salah satu metode yang populer digunakan oleh mahasiswa yaitu statistik deskriptif.

Tentu saja saat akan menyusun skripsi tidak hanya harus memikirkan mengenai struktur proposal skripsi saja namun juga metode yang digunakan. Namun struktur biasanya telah diberikan oleh pihak kampus sedangkan metode harus dicari sendiri, misalnya membaca situs seperti rumus.co.id. Sebuah website yang berisikan informasi lengkap seputar pendidikan.

Apa Itu Statistika Deskriptif

Jika sudah membahas mengenai statistika tentu cukuplah banyak macamnya. Salah satunya deskriptif yang merupakan metode yang memiliki kaitan terhadap pengumpulan serta penyajian data. Sehingga data yang telah dikumpulkan ataupun disajikan akan mampu menjadi suatu informasi yang berguna.

Seperti contohnya skripsi yang Anda buat nantinya akan sangat berguna sebagai bahan referensi. Namun perlu diketahui bahwa disini informasi yang diberikan sama sekali tidak mampu menarik sebuah kesimpulan.

pxherpxhere.come.com

Contoh Dari Statistika Deskriptif

Selain penjelasan mengenai pengertian di atas, perlulah diketahui hal mengenai contoh dari metode tersebut. Terkadang orang tidak menyadari bahwa contoh dari metode ini sering digunakan dalam kehidupan di kampus atau lainnya.

1.      Tabel

Pertama adalah tabel yang merupakan sebuah isi beberapa informasi baik berupa kata-kata atau bilangan. Bentuknya tersusun secara berurutan ke arah bawah pada bentuk sebuah kolom atau baris.

Perlu diketahui sebuah tabel akan mampu memberikan informasi dengan cukup ringkas pada sebuah penelitian. Selain itu tabel juga akan mempermudah bagi para pembaca untuk memahami apa yang dibacanya.

Nah untuk itu ada hal yang harus dipahami jika ingin mentafsirkan sesuatu hal yang berbentuk tabel dengan baik dan benar.

  • Pertama pahami dulu judul tabel.
  • Cermati dengan baik bagian yang ada pada tabel.
  • jangan lupa bacalah informasi yang ada di dekat tabel.
  • Jangan lupa ajukan pertanyaan yang sesuai atau berkaitan dengan isi tabel.
  • Tafsirkan data baik yang berupa angka ataupun bukan,
  • Kaitkanlah apa yang ada di tabel dengan data yang ada.
  • Mengambil kesimpulan.
pxherpxhere.come.com

2.      Diagram

Berikutnya diagram. Merupakah sebuah gambaran yang berguna memperlihatkan serta menerangkan sebuah data yang nantinya akan disajikan. Biasanya diagram dalam bentuk lambang-lambang yang telah dibentuk sedemikian rupa.

Perlu diketahui diagram sendiri memiliki beberapa macam.

  • Diagram garis, digunakan untuk sebuah penelitian yang waktu pengamatannya terjadi berurutan dari waktu ke waktu.
  • Diagram lingkaran yang menggunakan gambar berbentuk lingkar sebagai sarana untuk menyajikan sebuah data statistik. Biasanya bagian dari lingkaran akan dibagi-bagi dan ditunjukan dalam sebuah persen, guna membedakannya.
  • Diagram batang daun, biasanya digunakan untuk memberikan contoh sebuah penyebaran data. Untuk itu biasanya data terlebih dahulu diurutkan mulai dari yang terkecil hingga data yang paling besar. Dinamakan diagram batang dan daun karena bagiannya memang terbagi dua. Bagian batang akan berisikan angka puluhan dan bagian daun untuk satuan.
  • Diagram kotak garis, biasanya berguna sebagai penunjuk statistik lima serangkai. Biasanya isinya terdiri atas data-data esktrim mulai dari yang terkecil hingga besar datangnya.
pxherpxhere.come.com

3.      Grafik

Grafik merupakan sebuah gambaran yang menunjukan pasang surut sebuah keadaan yang terlihat dengan gambar ataupun garis. Hal ini berguna sebagai cara untuk mempermudah sebuah tafsiran. Sehingga sebuah fakta akan lebih jelas serta mudah dipahami. Selain itu grafik mampu membuat proses komunikasi akan lebih cepat namun tetap menarik.

Untuk itu amatilah judul yang ada pada grafik lalu amati juga lajur baik itu kanan kiri ataupun bawah. Setelah itu barulah Anda mencari sebuah data yang mencolok pada grafik yang akan mempermudah dalam proses penarikan sebuah kesimpulan.

Dan itulah akhirnya bahasan mengenai statistik deskriptif. Dengan memahami statsistik ini, tugas yang sedang Anda lebih cepat selesai. Silakan terapkan dengan tekun dan teliti. Semoga berhasil!

Leave a Comment