Jika Travel Umroh Memiliki Ciri-ciri ini, Anda Wajib Curiga

Ada sisi positif dan negatif semakin banyaknya travel umroh saat ini. Salah satu sisi positifnya adalah cukup banyak pilihan paket umroh dari para biro perjalanan umroh tersebut. Dampak terbesarnya adalah biaya umroh menjadi semakin terjangkau.

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan oleh para agen perjalanan umroh ini juga semakin memuaskan. Namun yang patut disayangkan adalah masih cukup banyak biro perjalanan umroh yang rela menipu para calon jamaahnya untuk kepentingan pribadinya.

Terbukti dengan cukup banyaknya pemberitaan yang memberitakan para calon jamaah umroh yang gagal diberangkatkan. Jika sudah demikian, siapa yang akan disalahkan. Pasalnya rata-rata biro perjalanan umroh abal-abal tersebut tidak mampu mengembalikan uang para jamaah yang sudah disetorkan.

Otomatis yang terjadi kemudian adalah selain para jamaah gagal berangkat umroh ke tanah suci, uang yang sudah disetorkanpun hilang entah kemana. Siapapun pastinya tidak ingin mengalami hal semacam ini. Termasuk Anda pastinya.

Cermat Memilih Travel Umroh

pixabay.com

Selain ibadah haji, ibadah umroh kian populer di kalangan umat Islam Indonesia saat ini. Banyak yang rela menabung sedikit demi sedikit hanya untuk bisa berangkat umroh ke Tanah Suci. Namun sayangnya ada beberapa oknum yang rela memenfaatkan niat baik tersebut hanya untuk memuskan nafsu dunianya.

Misalnya saja beberepa kasus penipuan umroh belakangan ini. Seperti mewahnya gaya hidup para pemilik agen travel umroh tersebut. Mereka dengan teganya memanfaatkan niat baik para jamaah yang ingin pergi umroh.

Oleh sebab itu penting sekali untuk selalu cermat saat memilih travel haji dan umroh. Jangan sampai dana yang sudah Anda setorkan digelapkan oleh para travel yang tidak bertanggung jawab seperti itu.

Memang cukup sulit membedakan mana travel umroh yang terpercaya dan mana yang penipu. Pasalnya sekilas semuanya adalah terbaik. Namun jika Anda menemukan travel haji dan umroh yang memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini, maka sudah sepatutnya untuk dicurigai.

Diskon Harga Umroh

pixabay.com

Tidak jarang banyak perusahaan penyelenggara umroh yang menawarkan paket umroh murah. Namun jika diskon yang diberikan jauh dari kata wajar, Anda perlu mencurigainya. Misalnya saja biaya umroh yang rata-rata sekitar Rp 20 juta, perusahaan penyelenggara umroh tersebut menawarkan biaya umroh sekitar Rp 13 juta.

Sayangnya jika ada promo seperti ini masih saja banyak calon jamaah yang tergiur. Jika mau berpikir jeli, promo seperti ini patut sekali untuk dicurigai. Padahal sebenarnya inilah cara paling mudah untuk mengetahui kredibilitas dari agen travel.

Seharusnya yang harus Anda lakukan adalah menanyakan ke travel tersebut dengan biaya semurah itu bagaimana cara travel akan membiayai kebutuhan jamaah. Bukan langsung percaya begitu saja.

Selalu melakukan cek dan ricek adalah langkah terbaik yang harus selalu dilakukan. Sebab terdapat cukup banyak travel haji dan umroh terbaik yang menetapkan biaya yang cukup murah.

Manajemen Perusahaan yang Baik

Salah satu indikator manajemen sebuah perusahaan dikatakan baik adalah selalu menerapkan manajemen yang transparan atau terbuka. Begitupun juga dengan perusahaan penyelenggara umroh. Seharusnya selalu terbuka dalam hal pengelolaan keuangan dan fasilitas bagi jamaahnya.

Patut untuk dicurigai dan dipertanyakan kredibilitasnya apabila travel tersebut dalam pengelolaan keuangan tidak transparan. Selain itu, Anda patut curiga jika travel tersebut tidak mau menunjukkan berbagai surat izin travel kepada para calon jamaahnya.

Tidak Memiliki Rekening Perusahaan

Indikator lain yang membuat Anda harus waspada dengan agen travel umroh adalah jika Anda diminta untuk mentransfer biaya umroh ke rekening pribadi. Terlebih lagi jika ke rekening pribadi para agen marketing atau pemasaran.

Yang benar adalah para calon jamaah mengirim biaya umroh ke rekening perusahaan atau travel atau biro perjalanan umroh sebagai bukti sah pembayaran. Kemungkinan besar jika uang disetorkan ke rekening pribadi ada potensi dana yang sudah disetorkan akan digelapkan. Seperti kasus-kasus yang sudah terjadi belakangan ini.

Umur Biro Perjalanan Umroh

Tidak semua perusahaan penyelenggara perjalanan umroh yang baru seumur jagung itu jelek. Tapi kebanyakan kasus kegagalan berangkat ke Tanah Suci menimpa jamaah umroh yang memilih perusahaan penyelenggara perjalanan umroh yang baru berdiri satu atau dua tahun terakhir.

Artinya penting untuk melihat pertumbuhan peserta umroh di perusahaan tersebut. Artinya semakin banyak travel memberangkatkan jamaahnya ke Tanah Suci, travel tersebut bisa dikatakan cukup dipercaya oleh masyarakat. Artinya travel umroh yang ingin Anda pilih ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik di wilayah Anda.

Leave a Comment