Apa Saja Anatomi Tubuh Pada Bagian Kaki Manusia?

Seberapa sering Anda memperhatikan kondisi dan kesehatan dari kaki? Mungkin malah sama sekali kita tidak begitu peduli dengan kondisi kaki dan menganggapnya sebagai hal yang tidak penting. Mayoritas orang mungkin berpikiran bahwa tidak ada kematian yang disebabkan oleh adanya penyakit atau gangguan pada kaki. Apakah pendapat tersebut benar?

Padahal kalau Anda tahu apa fungsi dari organ kaki dalam anatomi tubuh kita pasti akan selalu menjaga kondisinya. Kaki memiliki kombinasi yang kompleks pada sistem tubuh yang saling terkait dan bekerja sama. Fungsinya adalah untuk menjaga keseimbangan, menyokong serta menstabilkan tubuh. Kaki memiliki sebuah mekanisme yang cukup rumit dalam anatomi tubuh manusia.

Dalam menjalankan tugasnya sistem pada organ kaki dibantu oleh jaringan lunak, ligamen, otot, saraf, pembuluh darah dan ligamen. Manusia bisa bergerak, berjalan dan juga berlari karena adanya sistem pada organ kaki tersebut. Untuk memaksimalkan fungsi organ kaki dalam menopang tubuh bisa digunakan suplemen seperti tiens peninggi badan.

Terdiri dari apakah organ kaki dalam anatomi tubuh manusia tersebut? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Anatomi pada Kaki

pixabay.com

Jumlah Tulang

Total jumlah tulang yang terdapat pada bagian kaki adalah 26 yang terdiri dari :

  • Tulang tarsal sebanyak 7 buah.
  • Tulang metatarsal sebanyak 5 buah.
  • Tulang falang sebanyak 14 buah.

Bagian Kaki

Menurut sistem anatomi pada tubuh manusia, bagian kaki terdiri dari :

  • Kaki depan yang terdiri dari tulang metatarsal dan tulang falang.
  • Kaki tengah yang dibentuk oleh 5 tulang tarsal.
  • Kaki belakang yang terdiri dari 2 tulang tarsal yaitu talus dan calcaneus.
  • Beberapa otot yang yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan dan membuat kaki tetap bisa stabil saat menginjak tanah.

Tendon Achilles

Terdapat pada bagian kaki yaitu dari betis sampai ke bagian tumit. Ini adalah tendon terkuat pada kaki yang memiliki tugas menahan kaki saat kita sedang melompat, berlari, berjalan dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

Ligamen

Ligamen adalah bagian dari kaki yang bertugas untuk memberikan perlindungan pada sendi dan membantu tendon. Ligamen bisa memanjang dan memendek sesuai dengan pergerakan yang dilakukan kaki.

Mengapa kita harus sadar terhadap kesehatan organ kaki? Karena sebenarnya cukup banyak penyakit dan gangguan kesehatan yang berasal dari kaki. Lebih jelasnya bisa dibaca di bawah ini.

Jenis Gangguan Pada Kaki

pixabay.com

Plantar Fascitis

Gangguan ini adalah peradangan yang terjadi pada bagian ligamen yang bisa mendatangkan rasa nyeri pada telapak kaki. Sumber dari gangguan ini adalah ligamen plantar fascia.

Asam Urat

Mungkin inilah penyakit atau gangguan pada kaki yang paling dikenal masyarakat yaitu asam urat. Apa sebenarnya penyakit asam urat tersebut yang bisa menyebabkan orang tidak bisa berjalan. Asam urat adalah gangguan pada kaki yaitu peradangan di bagian sendi misalnya jempol karena menumpuknya asam urat di dalam sendi.

Athlete’s Foot

Namanya memang keren tetapi gangguan ini sama sekali tidak enak untuk dirasakan. Gangguan yang disebut dengan Athlete’s Foot ini akan menimbulkan rasa panas seperti terbakar pada kaki. Penyebabnya adalah jamur yang tumbuh pada kaki yang berkeringat karena lembab dari sepatu yang sempit. Anda sendiri mungkin pernah mengalaminya.

Bunion dan Kapalan

Ini juga merupakan gangguan pada kaki yang cukup dikenal oleh masyarakat karena memang banyak yang mengalaminya. Pada umumnya gangguan tersebut disebabkan oleh alas kaki yang ukurannya tidak pas. Bunion adalah benjolan yang terjadi pada tulang yang terjadi pada bagian jempol dan akan membuatnya bengkok ke bagian dalam.

Sedangkan gangguan kaki berupa kapalan Anda pasti sudah mengetahuinya dan mungkin pernah merasakannya. Penebalan pada lapisan kulit kaki yang membuatnya menjadi keras dan terasa tidak enak. Meskipun sepele tetapi kapalan membuat orang yang menderitanya tidak nyaman.

Tindakan medis yang digunakan untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada kaki terdiri dari beberapa jenis. Tindakan bedah kaki yang dilakukan antara lain sebagai berikut.

Jenis Bedah Kaki

Fusion

Tindakan medis ini biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah arthritis pada bagian pergelangan dan kaki itu sendiri. Caranya adalah dengan menyatukan tulang yang mengalami arthritis dengan menggunakan baut, pin ataupun pelat.

Operasi Tendon

Tindakan operasi tendon dilakukan dengan tujuan memperbaiki tendon yang rusak ataupun robek. Tendon merupakan jaringan lunak pada anatomi yang fungsinya menghubungkan otot agar menempel di tulang dengan sempurna.

Operasi Neuroma

Jika terjadi kerusakan saraf yang letaknya di antara lengkungan kaki dan jari maka tindakan yang dilakukan adalah operasi neuroma. Tindakan ini perlu dilakukan karena kondisi tersebut bisa mendatangkan masalah yaitu pergerakan tulang menjadi abnormal.

Leave a Comment