Berbagai penelitian menjelaskan bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Iya naluri anak memang akan selalu menginginkan bermain dalam setiap harinya. Bahkan terkadang anak yang terlalu aktif dalam bermain sering lupa waktu dan tanpa sadar bahwa dirinya telah kelelahan. Jika Anda berkunjung ke tempat-tempat anak entah itu lembaga pendidikan seperti PAUD, tempat hiburan seperti playground, dan lain sebagainya tentu Anda akan menemukan berbagai jenis permainan anak. Mungkin salah satu jenis permainan anak yang sering ditemukan adalah ayunan anak disamping berbagai wahana permainan lainnya seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

Iya ayunan menjadi salah satu permainan yang cukup digemari anak-anak. Dengan ayunan anak bisa naik turun dan menggelantung dengan sangat seru. Ayunan anak bisa dengan mudah kita temukan di berbagai taman bermain anak, karena memang permainan yang satu ini menjadi salah satu permainan favorit. Nah selain memberikan keseruan pada anak, ayunan ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang si keci; seperti dapat bermanfaat untuk melatih gerak kaki dan tangan, melatih ketertiban, melatih keberanian, dan juga bisa untuk melatih jiwa sosial si kecil.

pexels.com

Manfaat Ayunan Anak Bagi Tumbuh Kembang si Kecil

Di berbagai tempat taman bermain anak, hampir dipastikan terdapat wahana permaian yakni ayunan. Iya ayunan menjadi salah satu permainan favorit anak-anak yang memang menawarkan berbagai keseruan tersendiri. Bagi Anda yang ingin membangun playground, tetunya haruslah memasukkan permainan idola anak-anak yang satu ini untuk melengkapi wahana permainan yang ada. Nah bagi Anda yang ingin membangun playground, Anda dapat mengunjungi situs jasakontraktorwaterboom.com yang merupakan situs jual playground anak berkualitas dengan harga yang terbaik.

Tak dapat dipungkiri bahwa ayunan memberikan keseruan tersendiri bagi si kecil. Iya dengan ayunan si kecil dapat mengayun-ayun layaknya terbang ke angkasa. Selain memberikan keceriaan bagi si kecil, ayunan ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Dengan bermain ayunan, akan membantu anak untuk meningkatkan kekuatan otot dan juga koordinasinya. Iya secara tidak sadar otot si kecil akan bekerja menahan keseimbangan posisi tubuhnya ketika sedang naik pada ayunan.

Kemudian kegiatan mengayun-ayun juga dapat membantu melatih keseimbangan tubuh yang sangat dibutuhkan untuk anak usia 1 tahun yang sedang belajar untuk berjalan. Iya dengan kemampuan menyeimbangkan tubuh ini akan membantu anak untuk lebih cepat dalam belajar berjalan. Selain itu, bermain ayunan juga dapat menjadi sarana untuk menenangkan si kecil yang sedang aktif bergerak bahkan hingga berlebihan. Banyak kejadian yang mana si kecil akan tertidur pulas ketika berada diatas ayunan yang digerakkan secara pelan dan konstan. Yang jelas dalam hal ini Anda harus melengkapi sabuk pengaman pada ayunan untuk anak balita sehingga aman dan membuat si kecil tidak terjatuh saat sedang berayun-ayun.

pexels.com

Tips Memilih Ayunan Anak

Memang sejak jaman dahulu ayunan merupakan salah satu permainan favorit bagi Anak. Iya pasalnya memang ayunan selain sederhana juga sangat mudah digunakan. Selain itu ayunan juga memberikan pengalaman luar biasa bagi si kecil. Bagi Anda yang ingin membeli ayunan, pastikan Anda benar-benar memilih jenis ayunan yang tepat. Pasalnya memang kini banyak sekali jenis ayunan yang tersedia dipasaran. Nah untuk Anda yang ingin membeli ayunan untuk anak Anda yang berusia balita, Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Pastikan bahwa ayunan memiliki tempat duduk yang cukup dalam. Iya hal ini bertujuan agar anak dapat masuk ke dalam tempat duduk tersebut dengan nyaman dan aman.
  • Pastikan juga bahwa sisi penahan pada bagian kanan dan kiri cukup tinggi dan kokoh sehingga aman untuk digunakan.
  • Nah bagi Anda yang ingin membeli ayunan untuk anak usia balita, pastikan Anda memilih jenis ayunan yang memiliki sabuk pengaman sehingga si kecil aman dan tidak terjatuh saat berayun-ayun.
  • Pilih jenis ayunan yang memungkinkan si kecil untuk bisa dengan mudah keluar dan masuk ayunan. Iya beberapa desain ayunan agak rumit dan menyulitkan si kecil untuk keluar masuk pada ayunan.
  • Pilih desain tinggi ayunan yang sesuai. Dalam hal ini untuk anak yang usianya dibawah 3 tahun, pastikan Anda memilih ayunan yang agak tinggi sehingga anak tidak bisa memanjat naik ayunan sendirian, sehingga Anda adalah yang membantunya naik. Sebab pada usia dibawah 3 tahun, orang tua haruslah mengawasi anak dalam bermain. Jangan sampai anak bermain sendirian tanpa sepengetahuan orang tua. Adapun untuk anak yang berusia 3 tahun lebih yang pada umumnya sudah bisa berjalan, Anda dapat memilih ayunan yang agak rendah dari lantai sehingga ia bisa naik sendiri.
  • Pastikan ayunan yang Anda beli cukup kuat terutama untuk menahan berat badan anak hingga batas yang cukup maksimal. Sebab akan sangat berbahaya jika ayunan tiba-tiba rusak saat sedang digunakan akibat tidak kuat menahan berat badan anak.
  • Pastikan ayunan dibuat dari bahan yang aman untuk si kecil. Karena memang si kecil memiliki kulit yang lembut dan mudah tergores, jadi jangan sampai ayunan menggores bagian tubuh si kecil hingga luka.

Nah itu dia beberapa tips dalam memilih ayunan anak. Meskipun Anda sudah memilih jenis ayunan terbaik, pastikan Anda tetap melakukan pengawasan saat si kecil sedang bermain.

Leave a Comment