Indonesia, pohon mangga tumbuh bebas di mana-mana dan ada banyak sekali jumlahnya. Pohon mangga bahkan banyak menghiasi sejumlah halaman rumah orang-orang Indoensia. Tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi bisa lebih dari 5 meter ini, memang merupakan khas tumbuhan negara tropis. Karenanya, pohon mangga begitu subur di Indonesia.

Sekilas buah mangga terlihat memiliki bentuk yang sama saja. Padahal, buah mangga memiliki banyak jenis lho! Jika diperhatikan secara seksama, masing-masing jenis ini juga sebenarnya memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Jenis-jenis mangga berbeda mulai dari ciri fisik, seperti bentuk dan warnanya hingga cita rasa dan cara memakannya yang berbeda.

Mangga yang merupakan buah kesukaan hampir semua orang, kini menjadi olahan berkelas. Mulai dari makanan berbau saus mangga hingga minuman, seperti jus mangga kekinian. Hal ini sebetulnya tidak mengherankan, karena buah mangga memiliki aroma dan rasa yang begitu menggoda. Lantas, sebenarnya apa saja jenis-jenis mangga yang paling enak dan sering dikonsumsi masyarakat? Simak yang berikut.

3 Jenis-jenis Mangga yang Paling Enak dan Populer

  1. Mangga Arumanis

Mangga ini merupakan mangga asal Probolinggo dan menjadi salah satu buah kebanggaan masyarakat Probolinggo. Ciri fisik mangga ini berbentuk lonjong dan ujungnya meruncing. Jika dibaui, mangga ini memang memiliki aroma harum yang begitu kuat dan rasanya pun manis, sesuai dengan namanya arumanis. Tekstur dagingnya lembut dan tahan lama.

  1. Mangga Simanalagi

Mangga ini memiliki ukuran serupa mangga arumanis. Rasanya pun tidak jauh berbeda, manis. Namun, aromanya tidak harum sekuat mangga arumanis. Ciri khas yang paling kuat dari mangga simanalagi adalah daging buahnya yang tebal, padat, dan memiliki sedikit serat. Mangga simanalagi termasuk mangga yang tahan lama pasca pemetikan dari pohonnya.

  1. Mangga Gedong Gincu

Mangga yang terkenal dari Cirebon dan Indramayu ini memiliki kulit berwarna hijau kemerahan. Ukuran buahnya kecil dan lonjong. Bisa dibilang dari ciri fisiknya saja, mangga ini sudah bisa diketahui perbedaannya dengan jenis-jenis mangga lainnya.

 

Leave a Comment