Saat memasuki masjid, salah satu salat sunnah yang dianjurkan sebelum melaksanakan salat fardhu berjamaah adalah salat sunnah tahiyatul masjid. Bagi umat Islam, salat sunnah ini sangat dianjurkan. Salat tahiyatul masjid merupakan salat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat yang dilaksanakan saat memasuki masjid dan sebelum salat fardu atau wajib.

Anjuran Sholat Tahiyatul Masjid

Anjuran melaksanakan salat sunnah ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah r.a. Nabi menganjurkan bagi jamaah yang masuk masjid hendaklah melaksanakan salat dua rakaat sebelum duduk di masjid. Sebelum melaksanakan salat sunnah tahiyatul masjid, ada baiknya Anda mengetahui keutamaan dari salat sunnah ini.

Salat sunnah tahiyatul masjid dianjurkan dilaksanakan setiap waktu salat saat memasuki masjid. Keutamaan salat sunnah tahiyatul masjid merupakan salah satu bentuk dari tindakan memuliakan masjid. Dalam Islam, masjid merupakan rumah Allah yang tentunya perlu dimuliakan. Menurut para ulama, kedudukan salat sunnah ini sama seperti dengan mengucapkan salam saat masuk ke dalam rumah atau mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain yang seiman.

unsplash.com

Keutamaan dan Manfaat Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Keutaman salat sunnah ini juga ditekankan oleh Imam Nawawi yang mengatakan bahwa sebagian ulama mengatakan bahwa salat sunnah tahiyatul masjid merupakan bentuk menghormati Rabb atau Tuhan yang disembah. Karena ibadah ini merupakan kegiatan mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) bukan kepada tempat ibadahnya, masjid.

Hal ini diibaratkan seperti orang yang datang bertamu, yang dihormati adalah tuan rumah bukan rumahnya. Selain itu, keutamaan salat sunnah ini adalah dapat digunakan untuk menutupi kekurangan dalam salat wajib. Rasulullah SAW bersabda bahwa amalan yang pertama dihisab atau ditimbang pada hari kiamat adalah salat.

Allah SWT berkata kepada para malaikat dan memerintahkan para malaikat untuk melihat salat manusia, apakah sempurna atau tidak. Jika salat yang dikerjakan sempurna, maka dicatat dengan pahala yang sempurna. Sedangkan salat yang dikerjakan masih belum sempurna, maka dilihat dari amalan sunnahnya. Allah SWT berfirman, amalan sunnah akan menyempurnakan amalan wajib.

Selain itu, salat tahiyatul masjid juga dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat seseorang. Dengan memperbanyak sujud dapat dilakukan dengan cara memperbanyak menjalankan salat sunnah, salah satunya salat sunnah tahiyatul masjid. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang menerangkan bahwa memperbanyak sujud maka Allah akan meninggikan derajatnya dan menghapus dosanya.

unsplash.com

Dengan melaksanakan salat sunnah tahiyatul masjid merupakan bentuk dari cerminan ketakwaan dan bentuk tawakkal dari seorang hamba kepada Tuhannya. Melaksanakan salat sunnah juga merupakan bentuk kecintaan kepad Allah SWT dengan menghabiskan waktu, tenaga bahkan harta untuk beribadah kepada Allah SWT.

Keutamaan melaksanakan salat sunnah ini merupakan cerminan ketakwaan dan bentuk tawakal seorang hamba kepada Allah SWT. Bahkan Allah SWT juga telah menjanjikan pahala bagi orang yang melaksanakan ibadah salat sunnah tahiyatul masjid. Melaksanakan salat sunnah ini juga merupakan bentuk rasa syukur seorang hamba.

Salat sunnah tahiyatul masjid merupakan bentuk syukur dari segala yang telah diberikan oleh Allah SWT, seperti kesehatan, rezeki, nikmat nafas dan nikmat lainnya yang diberikan Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW selalu melaksanakan salat sunnah malam hingga kakinya bengkak. Saat istr beliau Aisyah bertanya, Nabi menjawab bahwa itu merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Keutamaan lain dari melaksanakan salat sunnah ini adalah sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai macam masalah hidup. Nabi SAW pernah mendapatkan masalah sehingga beliau lebih memperbanyak mengerjakan salat sunnah. Allah SWT memerintahkan kepada hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah salat sunnah dengan niat meminta dan menyerahkan segalanya kepada Allah SWT semata.

unsplash.com

Salat sunnah tahiyatul masjid merupakan sebaik-baiknya amalan. Nabi SAW bersabda bahwa amalan yang paling utama adalah salat dan tetap menjaga wudhu. Selain itu, salat sunnah ini merupakan salat sunnah yang sangat dianjurkan. Dengan melaksanakan salat sunnah ini merupakan bentuk amalan memuliakan masjid dan dia akan dimuliakan di surga.

Rasulullah SAW bersabda bahwa salah satu tanda kiamat adalah saat seseorang masuk ke masjid tapi tidak mengerjakan salat dua rakaat. Dengan banyaknya keutamaan yang didapat saat mengerjakan salat sunnah tahiyatul masjid, tentunya pihak masjid menyediakan fasilitas yang membuat jamaah nyaman untuk beribadah.

Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas berupa karpet masjid. Karpet masjid tidak hanya digunakan sebagai alas salat, melainkan juga untuk memperindah interior masjid. Jika Anda ingin mencari karpet dengan kualitas baik, salah satu toko karpet yang recommended adalah amanahkarpet.com yang memberikan harga karpet masjid murah dan berkualitas.

Amanah karpet menyediakan berbagai jenis dan macam karpet, mulai dari grade bagus hingga yang paling bagus. Harga karpet masjid yang ditawarkan juga kompetitif yang bisa Anda bandingkan dengan toko karpet lainnya. Amanah karpet merupakan salah satu toko karpet terbaik di JABODETABEK.

Leave a Comment