Provinsi Riau dan Taman Nasionalnya

Provinsi Riau adalah salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera yang pada tahun 2004 juga meliputi Kepulauan Riau. Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan di Indonesia yang lebih di dominasi dengan kekayaan alam. Provinsi Riau yang memiliki luas wilayah 87.023 km² yang membentul jajaran lereng bukit barisan dan selat malaka. Riau sendiri memiliki iklim tropis basah dengan curah hujan lebat dengan rata-rata sekitar 160 hari pertahunnya. Maka dari itu seperti halnya minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit, dan hasil dari perkebunan serat sangat banyak di daerah tersebut. Tdak hanya disitu tempat-tempat pariwisata juga banyak sekali yang bisa kita dapatkan di Provinsi Riau.

Wisata Alam

Banyak sekali objek wisata alam yang mungkin bisa kita datangi di Riau. Seperti Pulau Jemur yang merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau. Pulau-pulau tersebut yang membentuk sebuah susunan lingkaran membuat lau yang berada ditengahnya menjadi tenang baik untuk para nelayan. Ada juga Pantai Rupat Utara Tanjung Medang yang berlokasi di Pulai Rupat yang memiliki pantai pasir yang sangat panjang. Pasir pantai ini berwarna putih serta dengan air yang sangat bersih dan bening bisa digunakan untuk berenang dan berjemur di pinggiran pantai tersebut. Ada lagi air terjun Aek Martua yang memiliki air terjun yang bertingkat-tingkat yang sering juga disebut dengan nama air terjun tangga seribu.

Taman Nasional

Dengan banyaknya alam yang masih sangat alami pemerintah Provinsi Riau juga membuat taman nasional untuk melestarikan seaslian hutan tersebut. Seperti Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang memiliki luas 144.223 Ha, dengan ekosistem hutan hujan tropika. Taman nasional ini memiliki peralihan antara hutan rawa dan hutan pegunungan dengan ekosistem yang unik dan berbeda dibandingkan dengan taman nasional lainnya di Indonesia. Banyak fauna yang mungkin akan bisa kita jumpai seperti harimau sumatera, beruang madu, tapir, kancil, dan babi hutan. Bahkan taman nasional ini juga masih ada komunitas suku asli seperti Talang Mamak, Anak Rimba, dan Melayu Tua.

Leave a Comment