Macam Macam Gaya Renang

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang tertua. Berenang merupakan adaptasi manusia untuk bergerak di medan berupa air. Seiring berjalannya waktu, renang menjadi sebuah olahraga yang modern bahkan sudah dilombakan di berbagai turnamen di dunia. Renang dibagi menjadi beberapa berdasarkan gayanya yaitu renang gaya dada, gaya punggung, gaya samping, gaya anjing, gaya kupu-kupu dan lainnya. Nah kali ini kami akan membahas tentang gaya gaya yang ada dalam renang. Berikut ulasannya.

Table of Contents

Gaya Dada atau Gaya Katak

Gaya dada merupakan salah satu gaya renang yang paling umum. Renang gaya dada sering dijumpai di pelajaran olahraga sekolah sekolah. Mengapa dinamakan gaya katak karena pergerakan badan kita saat berenang menyerupai seekor katak yang sedang berenang. Gaya dada mengadopsi dari gerakan katak tersebut.

Gaya dada merupakan salah satu gaya renang yang memiliki pergerakan cukup lambat dibanding dengan gaya lainnya. Hal ini dikarenakan pada gaya dada hanya berfokus pada keteraturan gerakan tubuh bukan kecepatan. Gaya renang ini sangat cocok bagi anda yang hanya sekedar menikmati air dengan menggerakan seluruh tubuh.

Dalam melakukan gerakan renang pada gaya dada berfokus pada teknik kekuatan tangan serta kaki. Dimana kekuatan ini nantinya akan mendorong badan ke depan. Dimana tangan digerakan membuka ke samping secara bersamaan dari depan. Sementara itu kaki digerakan untuk menendang air layaknya seperti kaki katak.

Sementara itu untuk pengambilan nafas dilakukan saat tangan berada di samping. Pengambilan nafas yang ideal biasanya menggunakan mulut lalu dihembuskan melalui hidung frekuensi pengambilan nafas yaitu satu banding dua dengab gerakan tangan maupun kaki. Semua gerakan anggota tubuh harus saling berkoordinasi secara bergantian agar renang bisa berhasil.

Gaya Bebas

Seperti namanya, renang gaya ini cenderung memberi kebebasan bagi pergerakan tangan dan kaki guna menghasilkan kecepatan dalam bergerak. Renang dengan gaya ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sering digunakan dalam perlombaan, kompetisi ataupun olimpiade. Biasanya alasan gaya bebas digunakan adalah perenang lebih mudah dalam mengeksplor gerakan secara bebas untuk menghasilkan kecepatan yang terbaik.

Walaupun bebas namun tidak berarti gaya ini tidak memiliki pakem dalam tekniknya. Sama seperti gaya renang yang lain, renang gaya bebas juga memiliki teknik khusus. Renang gaya bebas merupakan renang dimana posisi tubuh dalam keadaan tengkurap dimana muka menghadap ke air.

Biasanya sebelum melakukan gerakan renang gaya dada diawali dengan gerakan meluncur, gerakan ini berguna untuk meningkatkan kecepatan dalam bergerak.

Selanjutnya posisi tangan digerakkan dari atas ke belakang samping secara bergantian. Sementara posisi kaki bergerak keatas kebawah untuk memecah air. Kaki digerakan Menendang menggunting

Sementara itu untuk pengambilan nafas, menggunakan mulut lalu dihembuskan dengan menggunakan hidup. Waktu pengambilan nafas dilakukan saat tangan kita sedang berada diatas dalam mengayuh. Anda cukup gelengkan kepala ke bawah tangan secara bergantian kanan dan kiri. Lakukan secara berkelanjutan diikuti koordinasi antar anggota badan.

Gaya Kupu-kupu

Renang gaya kupu kupu merupakan salah satu teknik renang yang biasa dikenal dengan gaya lumba lumba. Pasalnya, gerakan pada renang ini mirip dengan lumba-lumba lumba yang berenang ke dalam air. Renang gaya kupu kupu memiliki teknik yang mirip dengan renang gaya dada. Sebenarnya renang gaya ini adalah pengembangan dari renang gaya dada.

Kekuatan dasar pada renang gaya ini adalah di kekuatan lengan. Dimana kita akan membutuhkan energi dan kekuatan yang besar untuk mendorong air. Akan tetapi hal tersebut sebanding dengan kecepatan yang dihasilkan oleh renang gaya ini. Sementara itu untuk posisi kaki lurus rapat dan mengikuti pergerakan badan.

Gaya Punggung

Renang gaya punggung atau back stroke merupakan jenis renang yang biasanya diajarkan di pelajaran sekolah. Renang gaya ini bisa dibilang paling beda pasalnya kita berenang dengan posisi muka menghadap ke atas langit. Dimana renang gaya lain memposisikan muka dan badannya ke dalam air. Mengapa dinamakan gaya punggung karena renang gaya ini menggunakan lebih banyak sisi punggung untuk berada di air dan menunjang gerakannya.

Untuk teknik tangan maupun kaki sebenarnya memiliki teknik yang sama dengan renang gaya dada namun bedanya, untuk renang gaya punggung posisi badan terbalik. Pada prinsipnya, tangan digunakan untuk mengayuh air dan kaki digunakan untuk memecah air.

Untuk pengambilan nafas juga cukup digunakan pasalnya, karena posisi wajah yang menghadap ke atas dan tidak ke dalam air. Anda bisa mengambil nafas kapan saja saat anda membutuhkannya. Untuk kecepatan yang dihasilkan dari gaya renang ini tidak secepat gaya bebas.

Yang unik dari renang gaya punggung yaitu pada saat start awal, biasanya gaya renang yang lain posisi badan menghadap ke depan lintasan. Namun pada renang gaya punggung posisi badan menghadap ke dinding kolam dan berpegangan pada besi sementara itu kaki ditekuk dengan bertumpu pada dinding kolam dan posisinya berada diantara kedua lengan.

Bagi kamu yang ingin latihan renang gaya punggung pastikan, di bagian kolam sudah terdapat semacam besi pegangan untuk start. Anda yang ingin membangun kolam harus memperhatikan kontruksi kolam agar memasang besi disana maka dari itu kalian saat membangun kolam renang harus menggunakan jasa Kontraktor kolam renang terbaik. ย Demikian semoga bermanfaat